Michael Essien Datang, Persib Pikir-pikir Pindah Tempat Latihan

Persib Bandung saat ini sedang memikirkan memindahkan tempat latihan setelah kedatangan Michael Essien. Sebab ada kekhawatiran sang pemain mengalami cedera jika berlatih di tempat yang tidak sesuai standar.

Selama ini, Persib cukup sering berpindah-pindah tempat latihan. Meski berstatus klub besar, Persib hingga kini belum punya tempat latihan yang tetap.

Mulai dari Stadion Siliwangi, Lapangan Sesko AD, Lapangan Pusdikpom, hingga Stadion Persib sudah dijajal. Setelah kesulitan mendapatkan lapangan biasa, Persib justru lebih banyak berlatih di lapangan sintetis, mulai dari Lapangan Progresif, Football Plus, Lapangan Futsal Ciujung, hingga sekarang Lapangan Lodaya.

Semua lapangan itu merupakan lapangan dengan rumput sintetis. Para pemain pun sudah lama mengeluhkan kondisi itu karena latihan di lapangan sintetis dirasa kurang nyaman dan rawan mengakibatkan cedera.

Tapi kondisi itu belum bisa berubah karena sulitnya mendapatkan tempat latihan di lapangan biasa. Alhasil dalam beberapa bulan terakhir skuad Persib harus akrab berlatih di lapangan sintetis.

“Saya pikir kita tidak bisa banyak mengubah keadaan karena sarana dan prasarana di kita memang seperti itu,” kata pelatih Djadjang ‘Djanur’ Nurdjaman, Minggu 19 Maret 2017.

Setelah Essien datang, Persib mulai berpikir ulang memindahkan tempat latihan. Ada kekhawatiran tersendiri jika Essien lebih banyak latihan di lapangan dengan rumput sintetis. Essien dikhawatirkan cedera.

Salah satu langkah yang akan dilakukan adalah membidik dua tempat untuk menggelar latihan. Sehingga tidak hanya Essien, pemain lain juga diharapkan akan nyaman berlatih.

“Saya mencoba, misalnya lebih sering latihan di Stadion GBLA atau Arcamanik,” ucapnya.

Secara kualitas, Stadion GBLA dan Arcamanik jauh lebih baik daripada berbagai lapangan di Kota Bandung. Selain memenuhi standar, lapangan di dua stadion itu menggunakan rumput biasa, bukan sintetis.

Tapi belum dipastikan mulai kapan Persib akan berpindah tempat latihan, terutama ke GBLA. Sebab GBLA belum tuntas dalam masa perbaikan pasca pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 lalu.

GBLA sendiri digadang-gadang akan jadi kandang Persib sejak awal dibangun. Tapi sejauh ini Persib sangat jarang memakai stadion itu karena stadion belum benar-benar rampung dan siap dipakai.

thejillprinciple.com dewa99 Sumber: Okezone