Pangkostrad Terpilih Menjadi Ketum PSSI, Wapres Ucapkan Selamat

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengucapkan selama atas terpilihnya Pangkostrad Letnan Jenderal Edy Rahmayadi sebagai Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2016-2020.
“Selamat lah (atas terpilihnya Ketum PSSI),” kata JK singkat saat ditanya tanggapannya atas terpilihnya Pangkostrad sebagai Ketum PSSI baru, Jumat (11/11).
Hanya saja, JK tidak memberikan masukan ataupun nasihat untuk PSSI yang kini berada di tangan Pangkostrad. Padahal, sebelumnya, dia terlihat sangat konsen terhadap persoalan yang menimpa PSSI sempat dibekukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.
Sebelumnya, dalam proses pemilihan Ketum PSSI yang digelar di Hotel Mercure, Jakarta, pada Kamis (10/11), akhirnya Letjen Edy Rahmayadi diputuskan menduduki posisi Ketum PSSI karena berhasil mendapatkan suara terbanyak, yakni 76 suara dari 107 suara yang diperebutkan.
Seperti diketahui, polemik sepakbola di Tanah Air diawali langkah berani Menpora Imam Nahrawi mengeluarkan surat keputusan yang membekukan PSSI sehingga seluruh kegiatannya dinyatakan sudah tidak diakui lagi.
Pembekuan tersebut dilakukan karena PSSI dianggap telah mengabaikan tiga teguran yang dilayangkan Kempora.
Kemudian, mengklaim berupaya menyelamatkan industri sepakbola Tanah Air, upaya pengaktifan kembali PSSI sempat digaungkan Wapres Jusuf Kalla yang mengaku mendapat perintah dari Presiden Jokowi.
Namun, upaya JK gagal karena Imam tetap bersikeras membekukan PSSI. Meskipun, telah menggunakan putusan sela Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang meminta Menpora menunda pemberlakuan Surat Keputusan pembekuan PSSI, sebagai dasar pengaktifan kembali.
Tetapi, alih-alih aktif, PSSI malah dijatuhi sanksi oleh badan induk organisasi sepakbola dunia, FIFA. Sebab, dinyatakan melanggar statuta pasal 13 dan 17 yang berisikan Independen Keanggotaan. Sehingga, Tim nasional (timnas) Indonesia ataupun tim sepakbola yang ada di tanah air tidak dapat turut berlaga dalam pertandingan internasional.
Namun, dalam keputusannya, FIFA tetap memberi ijin untuk timnas Indonesia U-23 tampil di SEA Games 2015 Singapura.

Novi Setuningsih/CAH
Suara Pembaruan

thejillprinciple.com data togel Sumber: BeritaSatu